Minggu, 07 Juli 2013

BAGAIMANA CIRI-CIRI MEMORY [RAM] KOMPUTER RUSAK ?? | DAN TRIK MEPERBAIKI NYA 70% SUKSES



RAM komputer&perkembangannya sama yang ini Tips memilih RAM yang baik [ampuh!!]
http://nurhamim86.files.wordpress.com/2011/11/ram.jpgMengapa RAM bisa rusak?
memori yang bisa terdiri dari beberapa chip memori Silikon (disebut DRAM) disolder sebuah papan sirkuit kecil, memori komputer sebenarnya harus jauh lebih tahan terhadapkegagalan dari komponen-komponen komputer yang lain. Karena barang ini, diproduksi dandidistribusikan dalamvolume yang lebih banyak daripada bagian komputer lainnya sehinggasemacam evens out.Chip memori DRAM biasanya diuji oleh produsen mereka sebelum mereka dikirim, danmemeriksa komponen yang cacat sebelum dijual. Memori komputer juga rentan terhadapberbagai situasi yang dapat mengubah pekerjaan Anda entah memori DDR, SDRAM atau yanglain. Shock elektrostatik dari penanganan yang tidak tepat dapat merusak memori. Cobalahuntuk menghindari memegang secara langsung bagian-bagian peka dari memori ketika Anda menginstal modul memori 1GB DDR dll! Demikian pula, pasokan listrik yang tidak stabil jugadapat merusak memori komputer Anda, walaupun kadang-kadang secara bertahap. 
 
Hal yang sama beresiko adalah menaikkan tegangan memori terlalu tinggi jika Anda overclocking.Jika komputer Anda terlalu berdebu, atau terletak di lingkungan yang lembab kontak antara modul memori dan slot memori dapat terganggu atau terkorosi. Panas, baik dari komponen lainatau RAM itu sendiri juga dapat menyebabkan kerusakan bertahap. Jelas, penanganan ceroboh juga dapat merusak memori komputer dengan menyebabkan kerusakan fisik pada papan sirkuit atau kontak. Ini adalah salah satu alasan mengapa kita menganjurkan menggunakan memori yang mempunyai penyebar panas memori atau pendingin.Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kemungkinan cacat pada slot memori motherboard komputer Anda. Ini dapat rusak oleh cara yang sama seperti yang tercantum diatas, dan dapat menyebabkan kebingungan, karena setiap modul memori terpasang ke slotyang rusak akan tampak cacat meskipun sebenarnya tidak rusak. Untungnya, karena memori komputer modern dihasilkan seragam dan memiliki poin kegagalan relatif sedikit dibandingkan dengan bagian-bagian komputer lainnya, produsen dapat memberikan dukungan garansi yang layak

Secara umumnya ciri – ciri RAM komputer yang rusak ;
  • Berbunyi apabila ingin mengganti booting
  • Distorsi grafis pada layar, walaupun hal ini juga dapat terkait dengan kartu video.
  • Berbunyi apabila mengganti slot,
  • Gangguan memori intensif selama operasi tertentu misalnya ketika memainkan 3D game,benchmark, kompilasi, Photoshop, dll
  • Pada kipas berbunyi “krek krek krek” kayak ada semutnya.
  • Komputer jadi sering restart sendiri
  • Blue Screen of Death selama proses instalasi Windows XP. Ini adalah salah satu tandapaling pasti bahwa salah satu kecurigaan merujuk pada memori yang rusak.
  • Jika menyalakan HDD LED , tetap menyala tetapi tidak dapat booting, lalu tidak terdapat suara lain selain kipas.
  • RAM yang rusak parah ( mungkin ) akan dideteksi oleh CPU dengan bunyi BEEP ERROR CODE, tapi RAM yg Rusaknya kira-kira 30 % ,akan lolos diuji hardware saat booting tapi akan error bila diguanakan utnuk melakukan penginstallan atau sering blue screen.

catatan sederhana tentang memory:
jika terjadi kegagalan ketika boot. Hal ini dapat disertai dengan berbunyi‘bip’ panjang berulang-ulang,yang merupakan kode bip BIOS untuk masalah memori. Dalam hal ini, Anda tidak dapat menguji memori dengan perangkat lunak diagnostik, sehingga satu-satunya pilihan Anda  adalah pengujian dengan pengganti, baik di rumah atau di dealer komputer Anda.
 
Cara mengecheck RAM yang rusak;
1.Clear Cmos (mengembalikan bios ke default) dengan jumper Cmos atau copot baterai Cmos
2.Cek kabel dari monitor terpasang betul terpasang betul di vga port.
3.Coba lepas RAM sobat dan ganti dulu sementara dengan RAM punya temen. apakah masalah komputernya masih sama atau sudah baik.
 
Cara memperbaiki RAM yang rusak;

Kira-kira tingkat kerberhasilan 70 % dan patut di coba daripada sobat membeli RAM yang harganya ratusan ribu. langsung saja siapkan memory mati tersebut ,dan peralatan yang di perlukan adalah Avometer.
 
  1. Bersihkan memory tersebut dengan cara menggosok pin-pin memory tersebut dengan kain dengan tujuan membersihkan, boleh juga di beri Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu, dan gesekan dengan kain tersebut juga akan memancing ion-ion pada pin memory menjadi tersimulasi agar konduktornya lebih aktif.
  2. Arahkan skala Avometer pada Ohm (skala untuk mengukur hambatan), bebas boleh pada posisi 1K, 10K, 100k
  3. Ambil jarum negative (-) Avometer (kabel warna hitam) lalu tempelkan pada salah satu pin/kaki memory, dan jarum positive (kabel warna merah) gesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/chipset memory ,bila memory memiliki 8 buah IC misalnya maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.
  4. Selesai, silahkan coba pasang memory tersebut pada slotnya di Mainboard kembali
catatan:
Proses ini adalah memanfaatkan aliran arus listrik dari batere Avometer yang di alirkan ke dalam sirkuit-sirkuit IC/Chipset memory . Cara kerja proses ini adalah seperti halnya proses Clear CMOS pada Mainboard apabila Mainboard mengalami crash dan tidak mau hidup, yaitu terjadinya gangguan atau penyumbatan pada perjalanan arus listrik sehingga arus yang di perlukan untuk untuk pengaktifan suatu system tidak terpenuhi, atau seperti ilustrasi orang yang pingsan atau koma lalu kita coba bangunkan dengan cara di pancing syaraf-syarafnya untuk aktif dan sadar dengan cara di siram air, di setrum,dsb. Kira-kira tingkat kerberhasilan 70 % dan patut di coba daripada sobat membeli RAM yang harganya ratusan ribu.

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com