Kamis, 04 Juli 2013

Laptop Sering Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya



Laptop Sering Mati Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya

Diantara para sobat mungkin pernah atau bahkan sering mengalami laptop yang tiba-tiba mati sendiri. Tentu hal ini bikin gondok dan kesal, apalagi jika pekerjaan belum sempat disimpan.

Kasus seperti ini sering terjadi dan sebenarnya bisa diatasi sendiri (tanpa perlu dibawa ketempat servis) asalkan tahu penyebabnya.

Nah, penyebab laptop yang sering mati sendiri itu ada banyak dan bermacam-macam, ada yang karena masalah software dan ada juga yang karena masalah hardware laptop, dan ini yang lebih banyak terjadi.

Tapi ada juga laptop yang mati sendiri karena baterainya sudah habis. Kalau seperti ini kasusnya, berarti kesalahan ada di pengguna (human error), lalai tidak melihat indikator baterai yang telah menipis dan minta segera di isi. Untuk mencegah ini ada baiknya anda membaca artikel : Cara menghemat baterai laptop agar tahan lama.

Baik, kita akan mengurai satu persatu penyebab laptop sering mati sendiri sekaligus solusi penyelesaiannya.

Penyebab : Laptop terlalu panas atau overhead
Apabila panas laptop telah melebihi ambang batas, maka laptop secara mendadak akan berhenti bekerja. Ini biasanya terjadi karena sirkulasi udara di dalam laptop tidak bekerja dengan baik. Meletakkan laptop di atas kasur, bantal, selimut ataupun pangkuan paha adalah kesalahan umum yang menyebakan hal ini sering terjadi.

Solusi : Gunakan bidang datar dan keras ketika mengoperasikan laptop
laptop sering mati sendiri
Hal ini untuk tetap menjaga agar sirkulasi udara di laptop dapat berjalan baik. Jika terpaksa harus mengoperasikan laptop di atas kasur, gunakan bahan yang keras sebagai alas.

Namun jika harus menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama, bidang datar dan keras saja tidak cukup, anda harus menggunakan sebuah cooling pad, karena ini akan membantu mempercepat pembuangan udara panas yang ada di laptop anda.

Penyebab : RAM bermasalah
RAM bermasalah akan menyebabkan RAM susah diakses, laptop akan bekerja lebih keras dan lebih cepat panas.

Solusi : Bersihkan RAM

laptop sering mati sendiri
Dengan menggunakan penghapus pensil atau pulpen, bersihkan bagian tembaga kuning dari RAM. Gosokkan perlahan-lahan pada bagian tersebut untuk membersihkan kotoran yang menempel. Lalu pasang kembali RAM pada tempatnya dan rasakan bedanya.

Menambah kapasitas RAM juga sangat bagus untuk mengurangi panas laptop. Semakin lega RAM yang dimiliki laptop, maka semakin ringan kinerja laptop tersebut, udara panaspun semakin sedikit yang dihasilkan.

Penyebab : Pasta Processor sudah kering

laptop sering mati sendiri
Ini biasanya terjadi pada laptop yang sudah berumur lama, pasta pada processor akan mengering, dan akibatnya panas yang di hasilkan oleh processor tidak dapat disalurkan ke pembuangan akhir. Kalau sudah begini laptop akan mati sendiri secara mendadak.

Solusi : Tambahkan pasta processor baru
Buka tempat processor, lalu oleskan pasta di atas processor secara merata. Pasta processor mudah didapatkan di toko-toko laptop/komputer, harganyapun relatif murah.

Penyebab : Debu di dalam laptop

laptop sering mati sendiri
 Bila debu sudah terlalu banyak menempel di dalam laptop, terutama di kipas bagian dalam dan di saluran pembuangan udara, laptop dapat mati sendiri secara tiba-tiba karena kepanasan.

Solusi : Bongkar dan bersihkan laptop
Bongkar laptop, dan dengan menggunakan kuas bersihkan debu-debu dan kotoran yang menempel.  Pastikan saluran pembuangan udara dan kipas bagian dalam tidak lagi tersumbat oleh debu, dan dapat bekerja dengan baik.

Penyebab : Sistem operasi bermasalah
Ketika laptop gagal menjalankan sebuah program atau terjadi crash pada program tersebut, salah satu akibatnya laptop dapat mati sendiri ataupun merestart ulang.

Solusi : Instal ulang sistem operasi
Ya, gampang saja solusi untuk kasus ini, tinggal instal ulang saja sistem operasi laptop. Tapi anda mesti tetap bijak, sesuaikan sitem operasi yang akan di instal dengan spesifikkasi laptop anda.

Penyebab : Mainboard rusak
Jika laptop sudah berumur tua dan sering dipakai terus-menerus, biasanya mainboard mulai mengalami kerusakan. Mainboard yang mengalami kerusakan tidak lagi bisa bekerja secara optimal dan ini bisa mengakibatkan laptop akan sering mati sendiri.

Solusi : Ganti dengan mainboard baru
Mengganti mainboard rusak dengan yang baru memang akan segera menyelesaikan masalah.  Namun harga mainboard yang lumayan mahal perlu menjadi pertimbangan anda. Sebab dengan sedikit menambah uang anda sudah bisa membeli laptop baru.

Demikian beberapa penyebab dan solusi untuk laptop yang sering mati sendiri. Bial sudah mengetahuinya ilmunya mungkin anda tidak perlu ke tempat servis dan bisa memperbaiki sendiri laptop yang bermasalah tersebut. 

0 komentar:

Poskan Komentar

Advertisement

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com