Kamis, 04 Juli 2013

komputer sering mati sendiri tanpa penyebab



Mungkin saja pembaca perna mengalami masalah komputer tiba-tiba saja mati tanpa penyebab, bahkan bisa saja sering terjadi seperti ini. Dikatakan tanpa penyebab, tentu tidak mungkin tanpa penyebab kemudian komputer mati sendiri, pasti ada penyebabnya. Bagi para pengguna komputer saja, tentu dibuat bingung dengan persoalan seperti ini. Penyebabnya bisa saja sepele namun kalau tidak tahu pasti akan kesulitan menemukan titik penyebab sehingga komputer tiba-tiba saja mati.

Berikut ini Teknisi Komputer Denpasar mencoba memberikan beberapa tips untuk menemukan penyebab yang membuat komputer mati. Dengan tips in diharapkan pembaca bisa mengatasi persoalan komputer mati, tanpa harus memanggil ahlinya.
Tips Mengatasi Komputer Sering Mati Tanpa Penyebab

1. Cek Konektor Kabel Power Listrik

Ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan apabila komputer pembaca tiba-tiba saja mati. Yang harus diperhatikan adalah, apakah konektor yang terpasang ke stop kontak maupun ke CPU sudah terpasang dengan benar, dan dudukannya sudah tepat? apabila sedikit longgar, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu stop kontak. Apabila setelah di cek ternyata kontak pada kabel power listrik tidak ada masalah maka lanjut ke langkah kedua.

2. Cek Tegangan Listrik


Bagi yang menggunakan stavolt motor tentu sudah ketahuan kalau tegangan turun maupun naik, namun bagi yang tidak menggunakan stavolt tentu harus mengecek terlebih dahulu tegangan listrik di tempat pembaca, apakah tegangan listriknya stabil atau tidak, karena kestabilan tegangan listrik sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer. Bila tegangan listrik juga normal coba ikuti langkah ketiga.

3. Bersihkan Heatsink dan Fan Prosesor

Sebelum melakukan tindakan ini, pastikan terlebih dahulu bahwa kabel listrik sudah terputus, alias lepas kabel kontak listrik agar tidak ada arus yang dialirkan ke dalam CPU. Selanjutnya buka casing CPU dan lepaskan heatsink seta fan (kipas) dari dudukannya dan bersihkan dari debu, kemudian pasang kembali. Bersihkan juga bagian motherboardnya serta komponen yang terpasang pada motherboard. Setelah selesai semua, coba dihidupkan terlebih dahulu sebelum ditutup casingnya.
Demikian tips yang dapat diberikan oleh Teknisi Komputer kepada semua pengunjung, semoga meski hanya 3 tips, namun diharapkan bisa membantu mengatasi persoalan komputer pembaca yang sering mati

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com