Senin, 01 Juli 2013

TIPS MENGATASI KOMPUTER SERING NOT RESPONDING



Tips Mengatasi Komputer Sering Not Responding - Komputer merupakan alat yang sering digunakan manusia untuk mempermudah berbagai pekerjaan. Mulai dari mengolah data, mencetak, design, dan masih banyak lagi. Namun komputer juga akan menghadapkan berbagai masalah yang sering kali merepotkan manusia itu sendiri.

Contoh nya saja komputer yang sering blank, komputer yang sering not responding. Semua itu merupakan sedikit contoh masalah yang sering dialami oleh manusia. Namun kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi komputer yang sering not responding.

Terjadinya not responding pada komputer kalian disebabkan karena terlalu lambatnya komputer untuk meload. Contohnya saat kita ingin membuka aplikasi Adobe Photosop, namun terlalu lambat untuk membuka aplikasi tersebut. Saat kita bermaksud untuk meng-close atau mengeluarkan aplikasi tersebut, ternyata yang terjadi komputer tersebut menjadi not responding yang berubah menjadi putih berbayang.

Memang banyak sekali penyebab terjadinya masalah seperti komputer sering not responding,Windows not respondingthis file not responding. Penyebab tersebut dapat juga diakibatkan oleh karena hardware dan software komputer tersebut yang mengalami masalah ataupun sudah mengalami kerusakan.

Berikut merupakan berbagai masalah atau penyebab terjadinya komputer sering not responding.
  • Shortcut Komputer
Salah satu penyebab terjadinya komputer sering not responding juga dapat dikarenakan oleh adanya shortcut yang berlebihan dan tidak berguna pada dekstop.
Salah satu cara untuk mengatasi tersebut adalah, jangan terlalu banyak memasang shortcut yang terlalu banyak pada dekstop komputer kalian.

Dengan cara menghilangkan atau jangan menampilkan shortcut tersebut. Dapat kalian lakukan dengan cara klik kanan pada dekstop kalian > View > hilangkan centang pada show dekstop icon.
  • Terlalu Banyak Aplikasi
Terlalu banyak aplikasi pada komputer kalian, justru akan mengakibatkan komputer menjadi lebih lambat. Karena proses yang dilakukan akan semakin banyak dan berat. Dan pada akibatnya komputer kalian akan menjadi lambat dan sering mengalami not responding.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian harus meng-uninstall aplikasi yang mempunyai kapasitas yang terlalu besar dan tidak bermanfaat. Sebaiknya install aplikasi yang bermanfaat buat kalian.
  • Tampilan yang Berlebihan
Tampilan komputer yang menarik memang menjadi sebuah keinginan tersendiri. Namun taukah kalian ? jika mempunyai komputer dengan tampilan yang berlebihan justru akan mengakibatkan komputer kalian menjadi lebih lambat dan berat. Contohnya terlalu banyak memasang widgets yang tidak bermanfaat, seperti widgets jam, cuaca dan lain-lain.

Dan juga dapat diakibatkan dengan menginstall tema yang justru membuat komputer kalian menjadi lebih lambat dan sering mengalami not responding.

Hal ini mengakibatkan RAM yang kalian gunakan menjadi lebih lambat karena RAM yang kalian gunakan tidak sepadan dengan aplikasi atau tampilan yang kalian pasang. Karena RAM inilah yang menerima semua beban khususnya tampilan komputer. Semakin banyak tampilan yang kalian pasang di komputer kalian mengakibatkan RAM yang kalian miliki akan menjadi lambat untuk meload semua tampilan pada komputer kalian.

Jadi, menurut saya jangan terlalu memasang dan menginstall berbagai tampilan yang menurut kalian lebih menarik, padahal justru hal tersebut mengakibatkan komputer kalian menjadi lebih lambat dan sering mengalami not responding.
  • HARDISK
Terjadinya not responding tidak hanya di akibatkan oleh software yang digunakan, namun juga terjadi karena hardware yang digunakan telah mengalami kerusakan atau eror. jadi komputer membutuhkan waktu lama untuk meload hardisk kalian.
Eror hardisk juga diakibatkan dengan terlalu banyak file yang tersimpan, dan juga diakibatkan dengan terjadinya benturan hardisk yang mengakibatkan komputer menjadi eror dan lambat.

Jika terjadi kerusakan pada hardisk kalian, salah satu cara adalah mengganti hardisk tersebut dengan hardisk yang baru.

Mungkin hanya segitu saja yang dapat saya share buat kalian. Jadi saran saya jangan terlalu memasang aplikasi atau tampilan yang terlalu banyak, karena justru akan mengakibatkan komputer kalian menjadi lambat dan not responding.

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com