Sabtu, 06 Juli 2013

faktor-faktor-yang-menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan komputer



faktor-faktornya adalah sebagai berikut:
  1. tegangan listrik
    dapat menyebabkan  gangguan apabila tegangan yang diahasilkan tidak stabil. sering terjadi naik turun / mati mendadak dari sumber PLN.
  2. mati / tidak berfungsinya komponen pada jaringan
    komputer yang kita gunakan sering amati mendadak karena sumber listrik mati dapat menyebabkan komputer yang kita gunakan akan cepat rusak sehingga akan mempengaruhi ajaringan apabila terjadi kerusakan pada komputer worktationmaupun komputer server.
    dan yang biasanya rusak ketika listrik mati adalah power supply dan hdd (hardisk drive). :)
  3. dalm sistem jaringan LAN permasalahan yang menyebabkan seluruh jaringan terganggu disebut dengan jaringan dalam keadaan down.
    down dalm jaringan LAN lebih mudah diatasi karena dapat di dteksi melalui indikator2 yang diperlihatkan                 oleh komponen2 jaringan antara lain :
    server,hub/switch,nic,kabel dan konektor
    a). apabila komputer server mengalami kerusakan (gangguan) secara otomatis seluruh jaringan tidak berfungsi karena server merupakan pintu masuk dan sebagai pusat jaringan, so apabila seluruh jaringan tidak berfungsi berartyi terjadi gangguan atau kerusakan pada server.
    b). apabila terjadi di komputer worktation berarti komputer yang digunakan tidak dapat masuk dalam jaringan sehinggga tidak dapat berkomunikasi dengan komputer server maupun komputer lain dalam jaringan.
    c). jika kerusakan terjadi pada hub / switch dapat dilihat pada lampu indikator power dan lmapu indikator masing2 worktation apabila lampu indikator power hub/switch saat komputer mati maka kemungkinan besar hub tersebut rusak.
    d). lan card, indikator yang dapat dilihat dalam kerusakan kartu jaringan adalah matinya lampu indikator yg terdapat dlam kartu jaringandan lampu indikator di hub/switch saat komputer telah hidup dan konektifitas kabel dan kartu jaringan dan hub / switch telah baik.
    e). kabel, lihat dlu sob jenis apa kabelnya, indikator kerusakan pada kabel berikut ini penjelasannya:
    @ fiber optik (kabel serat optik) yang menggunakan konektor SC dan ST, sebenaarnya gangguan atau kerusakan pada jenis kabel ini jarang terjadi,karean jenis kabel ini perlu penanganan khusus.
    @ utp, pada kabel utp bisa dilihat dari lampu indikator yang tidak hidup pada kartu jaringan / pda lampu indikator yang terdapat pada hub / switch. biasanya kerusakan yang terjadi di kabel utp dikarenakan konektor yang tidak terpasang dengan baik (longgar). susunan pengkabelan yang salah dan terdapat anak kabel yang putus.
    @ kabel coaxsial, nah kabel yang terakhir ini memiliki akses yang cukup lambat bila dibandingkan dengan jenis kabel lainnya dan sering terjadi ngangguan, hal tersebut dikarenakan konektor longgar (tidak konek gitu sodara3..), kabel short dan kabel terbuka, resistor pada terminating konektor.

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com