Kamis, 04 Juli 2013

PENYEBAB KOMPUTER SERING MATI SENDIRI



PENYEBAB KOMPUTER SERING MATI SENDIRI


Mengapa komputer mati sendiri? caritahu penyebabnya agar bisa mengambil tindakan perbaikan dengan tepat. Komputer mati sendiri maupu laptop atau netbook mati sendiri penyebabnya adalah hampir sama. Semua perangkat komputer kalau tidak digunakan sesuai dengan prosedur maka kemungkinan komputer mati sendiri bisa saja terjadi kapan saja.
Apa Penyebab Komputer Mati Sendiri

Penyebab komputer mati sendiri ini harus diketahui agar komputer maupun laptop yang digunakan tidak menjadi rusak fatal bahkan tidak bis adigunakan lagi. Kerusakan yang terjadi seperti komputer mati sendiri diakibatkan oleh pemakain komputer, laptop yang berlebihan serta akibat dari debu yang melekat pada komponen pendingin komputer.

Untuk kerusakan komputer mati sendiri tiba-tiba, anda harus mencaritahu dimana letak kesalahan sehingga komputer anda mati sendiri. Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk mengatasi komputer mati sendiri.

  1. Cek kabel power yang terhubung ke listrik, biasanya kabel power bisa saja longgar sehingga tidak mampu mengirimkan daya listrik ke bagian power supplu komputer. Kecangkan kabelnya, bila kabelnya sedikit longgar sebaiknya ganti kabel power yang benar-benar pas dengan konektor pada power supply (komputer desktop). Untuk komputer jenis laptop, tidak perlu cek kabel ke listri karena laptop menggunakan battery, kecuali anda tidak menggunakan battery atau battery laptop sudah tidak menyimpan arus.
  2. Buka casing CPU dan raba pada bagian pelat pendingin prosesor dan chipset, apakah terasa panas berlebih? bila ya maka istirahatkan komputer anda sejenak, setelah dingin barulah bersihkan kipas dan pelat pendingin dari debu yang menempel.
  3. Cek tegangan listrik, apakah tegangan listrik saat komputer mati adalah normal atau sedang tidak stabil, kalau tidak stabil sebaiknya jangan menggunakan komputer dulu. Kalaupun digunakan harus menggunakan stavolt sebagai pelinding komputer.
  4. Bersihkan komponen lain yang melekat pada motherboard dari debu kemudian pasang kembali komponen tersebut pada tempatnya masing-masing.
  5. Lakukan pembersihan secara rutin pada bagian pendingin komputer.

Dengan mengetahui apa penyebab komputer mati sendiri di atas diharapkan anda dapat memperbaiki sendiri komputer anda yang mati sendiri tanpa harus mendatangkan teknisi. Bagi anda yang kesulitan melakukan pembersihan bagian pendingin pada laptop di wilayah Denpasar, silahkan hubungi kami di 085792559769. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com